Orientasi
Istilah "Iran" sebagai sebutan untuk peradaban, dan "Iran" sebagai nama bagi penduduk menempati dataran tinggi besar yang terletak antara Laut Kaspia dan Teluk Persia telah digunakan terus-menerus selama lebih dari dua puluh lima ratus tahun. Mereka berhubungan dengan istilah "Arya" dan itu seharusnya yang dataran tinggi diduduki di zaman prasejarah oleh Indo-Eropa orang dari Asia Tengah. Melalui banyak invasi dan perubahan kerajaan, ini sebutan penting tetap menjadi penanda identitas yang kuat untuk semua penduduk yang tinggal di wilayah ini dan wilayah tetangga banyak yang jatuh di bawah pengaruhnya karena penaklukan dan ekspansi.
Ahli geografi Yunani Kuno yang ditunjuk sebagai wilayah "Persia" setelah wilayah Fars mana Kekaisaran Achamenian kuno memiliki kursi nya. Hari ini sebagai akibat dari migrasi dan penaklukan, orang Indo-Eropa, Turki, Arab, dan asal Kaukasia memiliki beberapa klaim untuk identitas budaya Iran. Banyak dari masyarakat berada di dalam wilayah Iran modern. Di luar Iran, mereka mengidentifikasi dengan peradaban yang lebih besar biasanya lebih memilih sebutan "Persia" untuk menunjukkan afinitas mereka dengan budaya dan bukan dengan negara politik modern. Hal ini juga berlaku dari beberapa anggota modern populasi emigran Iran di Amerika Serikat, Eropa, dan tempat lain yang tidak ingin diidentifikasi dengan Republik Islam Iran saat ini, didirikan pada tahun 1979.
Istilah "Iran" sebagai sebutan untuk peradaban, dan "Iran" sebagai nama bagi penduduk menempati dataran tinggi besar yang terletak antara Laut Kaspia dan Teluk Persia telah digunakan terus-menerus selama lebih dari dua puluh lima ratus tahun. Mereka berhubungan dengan istilah "Arya" dan itu seharusnya yang dataran tinggi diduduki di zaman prasejarah oleh Indo-Eropa orang dari Asia Tengah. Melalui banyak invasi dan perubahan kerajaan, ini sebutan penting tetap menjadi penanda identitas yang kuat untuk semua penduduk yang tinggal di wilayah ini dan wilayah tetangga banyak yang jatuh di bawah pengaruhnya karena penaklukan dan ekspansi.
Ahli geografi Yunani Kuno yang ditunjuk sebagai wilayah "Persia" setelah wilayah Fars mana Kekaisaran Achamenian kuno memiliki kursi nya. Hari ini sebagai akibat dari migrasi dan penaklukan, orang Indo-Eropa, Turki, Arab, dan asal Kaukasia memiliki beberapa klaim untuk identitas budaya Iran. Banyak dari masyarakat berada di dalam wilayah Iran modern. Di luar Iran, mereka mengidentifikasi dengan peradaban yang lebih besar biasanya lebih memilih sebutan "Persia" untuk menunjukkan afinitas mereka dengan budaya dan bukan dengan negara politik modern. Hal ini juga berlaku dari beberapa anggota modern populasi emigran Iran di Amerika Serikat, Eropa, dan tempat lain yang tidak ingin diidentifikasi dengan Republik Islam Iran saat ini, didirikan pada tahun 1979.
Simbolisme
Budaya Iran kaya akan simbolisme budaya, banyak yang berasal dari zaman prasejarah. Iran adalah satu-satunya negara di Timur Tengah yang menggunakan kalender surya. Hal ini juga satu-satunya negara di bumi menandai munculnya Tahun Baru pada equinox musim semi.
Islam dan dunia pra-Islam memiliki keduanya diberikan simbol nasional bagi Iran, dan ini telah terjadi konflik dalam beberapa tahun terakhir. Mohammad Reza Pahlavi, Syah yang digulingkan pada tahun 1979, berusaha membuat monarki 25-100 tahun itu sendiri simbol pusat kehidupan Iran. Dia merancang serangkaian perayaan publik mewah untuk semen gambar ini dalam imajinasi publik. Lambang kuno untuk bangsa itu singa memegang pedang terhadap matahari meningkat. Lambang ini adalah simbol tidak hanya di Iran, tetapi juga dari monarki kuno, dan ditampilkan secara jelas di bendera tiga warna nasional merah, putih, dan hijau. Singa Persia sekarang punah, dan sejak Revolusi 1979, begitu juga lambang ini. Ini telah digantikan oleh simbol nonfigurative yang dapat ditafsirkan sebagai representasi kaligrafi dari keyakinan dasar Islam, "Tidak ada Tuhan selain Allah." Latar belakang tricolor telah dipertahankan.
Simbolisme banyak dalam kehidupan sehari-hari berasal tidak hanya dari Islam, tapi dari cabang "Imamiyah" dari Islam Syiah yang telah menjadi agama resmi negara sejak abad ketujuh belas. Sangat penting untuk mencatat pentingnya simbolik pusat Imam Hassain, cucu Nabi Muhammad, yang menjadi martir di Karbala di masa kini Irak selama bulan suci Muharram pada abad ketujuh. Kemartirannya adalah "master simbol" dalam hidup Iran, melayani sebagai sumber tak habis-habisnya dari citra dan retorika.
Hubungan Etnis
Islam dan dunia pra-Islam memiliki keduanya diberikan simbol nasional bagi Iran, dan ini telah terjadi konflik dalam beberapa tahun terakhir. Mohammad Reza Pahlavi, Syah yang digulingkan pada tahun 1979, berusaha membuat monarki 25-100 tahun itu sendiri simbol pusat kehidupan Iran. Dia merancang serangkaian perayaan publik mewah untuk semen gambar ini dalam imajinasi publik. Lambang kuno untuk bangsa itu singa memegang pedang terhadap matahari meningkat. Lambang ini adalah simbol tidak hanya di Iran, tetapi juga dari monarki kuno, dan ditampilkan secara jelas di bendera tiga warna nasional merah, putih, dan hijau. Singa Persia sekarang punah, dan sejak Revolusi 1979, begitu juga lambang ini. Ini telah digantikan oleh simbol nonfigurative yang dapat ditafsirkan sebagai representasi kaligrafi dari keyakinan dasar Islam, "Tidak ada Tuhan selain Allah." Latar belakang tricolor telah dipertahankan.
Simbolisme banyak dalam kehidupan sehari-hari berasal tidak hanya dari Islam, tapi dari cabang "Imamiyah" dari Islam Syiah yang telah menjadi agama resmi negara sejak abad ketujuh belas. Sangat penting untuk mencatat pentingnya simbolik pusat Imam Hassain, cucu Nabi Muhammad, yang menjadi martir di Karbala di masa kini Irak selama bulan suci Muharram pada abad ketujuh. Kemartirannya adalah "master simbol" dalam hidup Iran, melayani sebagai sumber tak habis-habisnya dari citra dan retorika.
Hubungan Etnis
Iran telah agak diberkati oleh tidak adanya konflik etnis tertentu. Hal ini penting, mengingat sejumlah besar kelompok etnis yang tinggal di dalam perbatasannya, baik hari ini dan di masa lalu. Adalah
aman untuk menyimpulkan bahwa penduduk Iran umum tidak menganiaya
minoritas etnis, maupun secara terbuka mendiskriminasikan mereka.Beberapa kelompok yang tinggal dalam perbatasan Iran yang menegaskan otonomi sesekali, namun. Kepala di antara ini adalah Kurdi, yang tinggal di perbatasan barat Iran. Sangat
independen, mereka telah menekan pemerintah pusat Iran untuk memberikan
konsesi ekonomi dan otonomi pengambilan keputusan kekuasaan. Namun, di luar daerah perkotaan di wilayah mereka, orang Kurdi sudah memiliki kontrol lebih tangguh daerahnya. Iran pejabat pemerintah pusat melangkah sangat ringan di daerah-daerah. Kurdi di Iran, bersama dengan saudara-saudara mereka di Irak dan Turki, telah lama diinginkan sebuah negara merdeka. Prospek langsung untuk hal ini adalah redup.Kelompok-kelompok
suku nomaden di daerah selatan dan barat tengah dataran tinggi Iran
juga telah menyebabkan masalah bagi pemerintah pusat Iran. Karena
mereka dalam gerakan mereka dengan domba dan kambing selama lebih dari
setengah tahun, mereka secara historis sulit dikendalikan. Mereka juga umumnya mandiri, dan sebagian kecil bahkan sangat mampu. Upaya untuk menyelesaikan suku ini di masa lalu telah bertemu dengan aksi kekerasan. Saat ini mereka menghibur perdamaian tidak nyaman dengan pemerintah pusat Iran.Penduduk Arab dari barat daya trans-Zagros Teluk provinsi Khuzestan telah dihibur aspirasi politik melepaskan diri dari Iran. Aspirasi-aspirasi telah didorong oleh Irak dan negara Arab lainnya. Di
masa konflik antara Iran dan Irak, para pemimpin Irak telah mendukung
gerakan separatis sebagai cara para pejabat Iran berlawanan.Penganiayaan sosial terberat di Iran telah diarahkan pada agama minoritas. Periode toleransi relatif telah diselingi dengan periode diskriminasi selama berabad-abad. Di bawah Republik Islam saat ini, minoritas ini telah mengalami masa sulit. Meskipun
secara teoritis dilindungi sebagai "Ahli Kitab" menurut hukum Islam,
Yahudi, Kristen dan Zoroastrian telah menghadapi tuduhan menjadi
mata-mata negara-negara Barat atau Israel. Pejabat
Islam juga mengambil pandangan redup dari toleransi mereka konsumsi
alkohol, dan kebebasan relatif yang dimiliki oleh perempuan. Kelompok
satu yang telah universal dianiaya sejak didirikan abad kesembilan
belas adalah komunitas Baha'i, karena agama yang dipandang sebagai sesat
oleh Syiah Muslim.
Makanan Sehari-hari
Seperti yang diharapkan dari situasi geografis Iran, makanannya menyerang media antara persiapan Yunani dan India. Hal
ini lebih bervariasi daripada makanan Yunani, dan kurang pedas dan
lebih halus daripada makanan India dengan penggunaan yang lebih besar
dari bahan-bahan segar.Iran memiliki pola makan sehat berpusat pada buah-buahan segar, sayuran hijau dan sayuran. Daging (biasanya domba, kambing, atau ayam) digunakan sebagai bumbu, bukan sebagai pusat dari makan. Rice dan segar tidak beragi atau semileavened roti gandum adalah pati pokok. Minuman utama adalah teh hitam. Tabu makanan pokok adalah larangan Islam terhadap daging babi.Sarapan
adalah makanan ringan yang terdiri dari teh segar tidak beragi, roti,
dan mungkin mentega, putih (feta-style) keju, dan selai. Telur juga dapat dimakan goreng atau rebus. Daging tidak umum saat sarapan.Makanan utama hari itu dimakan sekitar pukul satu siang. Dalam
sebuah rumah tangga kelas menengah biasanya dimulai dengan sepiring
segar hijau-daun bawang, lobak, kemangi segar, mint, ketumbar, dan
lainnya di musim. Ini disajikan dengan roti tidak beragi dan keju putih. Hidangan
utama dikukus beras aromatik (chelow) disajikan dengan satu atau lebih
minuman yang terbuat dari daging dan sayuran segar atau buah. Ini rebusan, yang disebut khoresht menyerupai kari ringan. Ini berpusat pada bahan pusat seperti terung, okra, bayam, quince, seledri, atau berbagai kemungkinan lain. Satu
khoresht sangat terkenal, fesenjun, terdiri dari domba, ayam, bebek,
atau Pheasant dimasak dengan saus bawang, kenari tanah, dan molase
delima. Selain
persiapan sebagai chelow, beras juga dapat dibuat sebagai pilaf (polow)
dengan mencampur dalam rempah segar, sayuran, buah, atau daging setelah
direbus, tetapi sebelum dikukus.
Makanan nasional Iran, yang disebut chelow kabab, terdiri dari filet daging
domba direndam dalam air jeruk atau yogurt, bawang merah, dan kunyit,
ditumbuk dengan pisau pada tusuk sate datar sampai garpu tender dan
panggang di atas api panas. Ini
disajikan dengan bawang dan tomat panggang di atas hamparan chelow yang
telah ditambahkan segumpal mentega dan kuning telur mentah. Mentega dan telur dicampur dengan nasi panas (yang memasak telur), dan tanah berry sumac ditaburkan di atas. Minuman
umum dengan makan adalah adonan, yogurt dan persiapan air asin yang
mirip dengan ayran Turki, lebni Lebanon, dan India lassi.Seorang
wanita Iran duduk di tanah saat dia membuat kerajinan rajutan di desa
Maseleh terletak 1.050 meter di atas permukaan laut di Pegunungan
Alborz.Seorang
wanita Iran duduk di tanah saat dia membuat kerajinan rajutan di desa
Maseleh terletak 1.050 meter di atas permukaan laut di Pegunungan
Alborz.Sweets lebih mungkin untuk dikonsumsi dengan teh di sore hari daripada sebagai pencuci mulut. Setiap wilayah negara memiliki permen khusus dihargai sebagai oleh-oleh perjalanan, dan menjabat santai untuk tamu. Di
antara yang paling terkenal adalah gaz, sebuah nougat alami yang dibuat
dengan mawar air, dan Sohan, kunyit sebuah, mentega, dan praline
pistachio. Setelah makan Iran lebih memilih buah segar dan teh. Bahkan, buah disajikan sebelum makan, setelah makan-memang, setiap saat.Makan
malam cenderung menjadi makanan ringan yang terdiri dari sisa-sisa
makanan dari makan siang, atau sedikit roti, keju, buah, dan teh. Penduduk kota dapat makan makanan ringan di kafe atau restoran di malam hari.Di luar kota besar, restoran tidak sangat umum di Iran. Di sisi lain, kedai teh di mana-mana, dan banyak dikunjungi setiap saat sepanjang hari. Satu selalu bisa mendapatkan beberapa jenis makan di sana.Minuman
beralkohol secara resmi dilarang di Iran saat ini di bawah republik
Islam, tetapi konsumsi mereka masih banyak dilakukan. Komunitas
Armenia, Yahudi, dan Zoroaster masih menghasilkan anggur, dan minuman
keras lokal ditemukan di mana-mana di daerah pedesaan. Minuman beralkohol utama adalah "vodka" disuling dari gandum, anggur, atau lebih umum, kismis. Hal ini dikonsumsi hampir secara eksklusif oleh laki-laki di malam hari atau pada perayaan seperti pernikahan.Makanan Pabean di Acara Ceremonial
Ritual
makanan terbagi dalam dua kategori-makanan yang dimakan dalam perayaan,
dan makanan yang disiapkan dan dikonsumsi sebagai tindakan religius
amal.Sebuah makanan sedikit yang tradisional untuk perayaan Tahun Baru. Ikan ini banyak dikonsumsi sebagai makanan pertama Tahun Baru, bersama dengan polow dibuat dengan sayuran. Salah satu makanan muncul di meja ritual Tahun Baru, tetapi jarang dimakan. Ini adalah semacam puding manis terbuat dari tanah tumbuh gandum disebut samanou.Selama
bulan suci puasa, Ramadhan, tidak ada makanan atau minuman yang
dikonsumsi dari matahari terbit sampai matahari terbenam. Keluarga bangun sebelum fajar untuk mempersiapkan sarapan berat yang terlihat seperti makan siang. Proses ini diulang saat matahari terbenam. Khusus permen goreng renyah terbuat dari adonan yogurt dan direndam dalam sirup sering dilayani. Dua
bentuk yang populer: zulbia, yang terlihat sedikit seperti pretzel
terdampar bertingkat dan bamieh, yang terlihat sedikit seperti polong
okra itu dinamai.Makanan sering dipersiapkan untuk didistribusikan kepada masyarakat sebagai tindakan religius amal. Ketika seekor domba disembelih untuk acara khusus itu adalah umum untuk memberikan daging untuk semua tetangga seseorang. Untuk bersyukur atas pemenuhan keinginan, makan masyarakat sering disiapkan. Demikian
juga, selama upacara berkabung untuk Hossein selama bulan Muharram dan
Safar, makan komunal dibayar oleh individu amal. Makanan yang paling umum disajikan pada kesempatan ini adalah polow dibuat dengan kacang polong kuning dan daging.
Status Relatif Perempuan dan Pria
Pertanyaan tentang peran gender adalah salah satu masalah yang paling kompleks dalam masyarakat Iran kontemporer. Wanita selalu memiliki peran yang kuat dalam kehidupan Iran, tapi jarang peran publik. Partisipasi menonjol dalam gerakan politik telah sangat penting. Berani dan sering kejam pragmatis, wanita lebih dari bersedia untuk turun ke jalan untuk tujuan publik yang baik. Selain
itu, meskipun dunia semakin berfokus pada pertanyaan tentang gaun
perempuan sebagai indikator kemajuan bagi perempuan di Iran (dan memang,
di dunia Islam sama sekali), ini adalah pandangan yang dangkal. Pada tahun-tahun sejak Revolusi, perempuan telah membuat kemajuan yang mengagumkan dalam hampir setiap bidang kehidupan.Kedua
rezim Pahlevi dan para pemimpin Republik Islam telah keluar dari jalan
mereka untuk menekankan keinginan mereka untuk memiliki perempuan
beroperasi sebagai peserta penuh dalam urusan pemerintahan dan publik. Perempuan telah melayani dalam badan legislatif dan sebagai menteri pemerintah sejak 1950-an. Usia pernikahan rata-rata untuk perempuan telah meningkat menjadi dua puluh satu tahun. Angka kelahiran Iran telah jatuh terus sejak sebelum Revolusi, sekarang berdiri pada 2,45 persen diperkirakan. Pendidikan bagi perempuan adalah wajib dan universal, dan pendidikan untuk anak perempuan terus meningkat. Tingkat
melek huruf untuk perempuan dekat dengan laki-laki, dan untuk wanita di
bawah 25 adalah lebih dari 90 persen, bahkan di daerah pedesaan.Kerja wanita adalah satu bidang di mana perempuan telah mengalami penurunan sejak Revolusi. Bahkan
di bawah rezim Islam saat ini, hampir semua profesi yang secara
teoritis terbuka untuk perempuan dengan peringatan penting. Kesulitan
bagi para pemimpin republik Islam dalam memungkinkan kesetaraan
perempuan lengkap dalam pekerjaan dan kegiatan publik berkisar
pertanyaan religius kesopanan perempuan yang berjalan head-to-head
dengan urgensi kehidupan publik. Islam mensyaratkan bahwa baik wanita maupun pria mengadopsi pakaian sederhana yang tidak mengobarkan keinginan duniawi. Untuk pria ini berarti menghindari celana ketat, celana pendek, lengan pendek kemeja, dan kerah terbuka. Rambut
Iran pandangan perempuan sebagai erotis, dan sebagainya yang mencakup
rambut dan bentuk perempuan adalah persyaratan dasar kesopanan. Bagi
wanita berabad-abad di Iran telah melakukan ini dengan memakai chador,
sepotong kain berbentuk setengah lingkaran gelap yang dibungkus ahli
sekitar tubuh dan kepala, dan berkumpul di dagu. Garmen
Ini adalah kedua sangat nyaman, karena affords tingkat privasi, dan
memungkinkan satu mengenakan apa saja di bawah, dan membatasi, karena
harus diadakan ditutup dengan satu tangan. Makeup dalam bentuk apapun tidak diperbolehkan. Secara
pribadi, perempuan berpakaian sesuka mereka, dan sering menunjukkan
modis, bahkan berani, pakaian untuk teman-teman wanita mereka dan
pasangan.Kegiatan
publik yang akan membutuhkan perempuan untuk berangkat dari gaun ini
sederhana di perusahaan campuran secara tegas dilarang. Profesi yang membutuhkan tenaga fisik di luar ruangan tidak termasuk, sebagai yang paling peran hiburan umum. Menariknya, film dan televisi terbuka untuk wanita asalkan mereka mematuhi standar gaun sederhana. Hal ini telah menciptakan sebuah filosofi yang terpisah-tapi-sama aneh dalam kehidupan Iran. BeberapaKendaraan bepergian di sebuah jalan dekat Eman Reza Kuil di Masyhad.Kendaraan bepergian di sebuah jalan dekat Eman Reza Kuil di Masyhad.kegiatan, seperti kegiatan olahraga, telah diatur untuk peserta eksklusif perempuan dan penonton perempuan.Perempuan
Iran kebarat-baratan telah lama dilihat gaun sederhana wajib dalam
bentuk apapun sebagai penindas, dan telah bekerja memiliki standar
santai. Standar-standar ini pasti telah menindas ketika dipaksa pada populasi wanita dengan cara yang obsesif. Pengawal Revolusi telah dimutilasi beberapa wanita untuk menunjukkan rambut terlalu banyak atau karena memakai lipstik. Tapi
sebagian besar perempuan di Iran selalu diadopsi gaun sederhana secara
sukarela, dan pasti akan terus melakukannya di masa depan tidak peduli
apa keputusan politik yang dibuat mengenai hal ini.Peran emosional dari pria Iran dan perempuan berbeda dengan di Amerika Serikat dan banyak negara Barat lainnya. Secara khusus, itu dianggap jantan untuk laki-laki secara emosional sensitif, artistik terlibat, dan estetis akut. Wanita, sebaliknya, dapat secara emosional jauh dan terlepas tanpa terlihat feminin. Menangis terbuka tidak memalukan bagi kedua jenis kelamin. Kedua
jenis kelamin dapat menjadi terlalu lembut dan penuh kasih sayang
terhadap sesama jenis mereka berteman dengan tidak berniat erotisme. Berciuman dan tangan memegang antara anggota jenis kelamin yang sama adalah umum.Sebaliknya, kontak fisik antara anggota lawan jenis yang tekun dihindari kecuali antara kerabat. Orang
barat menawarkan untuk menjabat tangan wanita Iran tradisional mungkin
melihatnya berjuang antara keinginan untuk bersikap sopan, dan keinginan
untuk tidak sungsang standar kesusilaan. Solusi untuk banyak wanita adalah untuk menutupi tangannya dengan bagian dari cadarnya dan berjabat tangan seperti itu. Dalam
situasi harus seorang pria atau wanita yang tepat rela menemukan diri
mereka sendiri di ruang tertutup dengan anggota lawan jenis (kecuali
suami atau istrinya).
Pernikahan
Dalam
kontrol Iran pernikahan wanita untuk anak-anak mereka, dan intrik
banyak dalam kehidupan rumah tangga berkisar masalah perkawinan. Seorang ibu biasanya pada mencari prospek pernikahan yang baik setiap saat. Bahkan jika seorang ibu malu-malu tentang makelar pernikahan, ia wajib "jelas jalan" untuk proposal pernikahan. Dia melakukan ini dengan membiarkan rekan dia di keluarga lain tahu bahwa proposal adalah yang akan datang, atau akan diterima. Dia kemudian harus berunding dengan suaminya, yang membuat proposal resmi dalam sebuah pertemuan sosial antara dua keluarga. Jenis
pekerjaan latar belakang sangat penting, karena sekali anak-anak sudah
menikah, kedua keluarga hampir bergabung, dan memiliki hak dan kewajiban
yang luas vis-á-vis satu sama lain yang dekat dengan tugas suci. Oleh karena itu sangat penting bahwa keluarga yakin bahwa mereka yang kompatibel sebelum pernikahan berlangsung.Pernikahan
dalam keluarga adalah strategi umum, dan seorang pria muda usia menikah
memiliki hak mutlak penolakan pertama untuk putri-sepupunya saudara
ayahnya yang paralel patrilateral. Keuntungan bagi keluarga dalam jenis perkawinan yang besar. Mereka sudah saling mengenal dan terikat ke dalam jaringan sosial yang sama. Selain itu, seperti pernikahan berfungsi untuk mengkonsolidasikan kekayaan dari generasi kakek-nenek 'untuk keluarga. Matrilateral
lintas sepupu pernikahan juga umum, dan melampaui paralel-sepupu
pernikahan di daerah perkotaan, karena mungkin pengaruh istri kuat dalam
urusan keluarga di kota-kota.Meskipun
perkawinan sedarah tampaknya akan menjadi masalah potensial, preferensi
historis untuk perkawinan dalam keluarga terus, agak berkurang di
daerah perkotaan dimana pertimbangan lain seperti profesi dan pendidikan
memainkan peran dalam pilihan pasangan. Pada
tahun 1968, 25 persen pernikahan perkotaan, 31 persen pernikahan
pedesaan, dan 51 persen pernikahan suku dilaporkan sebagai endogamous. Persentase ini tampaknya telah agak meningkat setelah Revolusi.Pada
hari ini Iran pertandingan cinta dengan seseorang di luar keluarga
adalah jelas sekali tidak mungkin, tetapi bahkan dalam kasus tersebut,
kecuali dalam keluarga yang paling kebarat-baratan, dengan kunjungan
keluarga dan negosiasi harus diperhatikan. Pernikahan tradisional melibatkan kontrak formal yang disusun oleh seorang ulama. Dalam kontrak serangkaian pembayaran yang ditentukan. Pengantin wanita membawa mas kawin untuk pernikahan biasanya terdiri dari barang rumah tangga dan pakaian sendiri. Sebuah jumlah yang ditentukan ditulis ke dalam kontrak sebagai pembayaran untuk wanita dalam hal terjadi perceraian. Para
istri setelah menikah adalah milik rumah tangga suaminya dan mungkin
mengalami kesulitan mengunjungi kerabatnya jika suaminya tidak
menyetujui. Namun demikian, dia mempertahankan namanya sendiri, dan dapat memegang properti dalam haknya sendiri, terpisah dari suaminya.Perayaan pernikahan diadakan setelah penandatanganan kontrak. Ini
benar-benar awal untuk penyempurnaan pernikahan, yang terjadi biasanya
pada akhir malam, atau, di daerah pedesaan, pada akhir perayaan beberapa
hari. Di
banyak daerah di Iran masih penting bahwa pengantin perempuan menjadi
perawan, dan seprei secara hati-hati diperiksa untuk memastikan hal ini.
Seorang ibu yang bijaksana memberi putrinya sebuah botol darah ayam "berjaga-jaga." Pasangan
baru mungkin tinggal dengan keluarga mereka untuk sementara waktu
sampai mereka dapat mengatur rumah tangga mereka sendiri. Ini lebih sering terjadi di pedesaan daripada di perkotaan.Iran adalah negara Islam, dan poligami diperbolehkan. Hal
ini tidak banyak dilakukan, namun, karena pejabat Iran pada abad ini
telah mengikuti resep Islam bahwa seorang pria mengambil dua istri harus
memperlakukan mereka dengan kesetaraan mutlak. Perempuan dalam pernikahan poligami terus suami mereka untuk ini dan akan mencari bantuan hukum jika mereka merasa dirugikan. Statistik sulit untuk memastikan, tapi satu studi terbaru mengklaim bahwa hanya 1 persen dari semua pernikahan adalah poligami.Perceraian adalah kurang umum di Iran daripada di Barat. Keluarga
lebih memilih untuk tinggal bersama-sama bahkan dalam keadaan sulit,
karena sangat sulit untuk memisahkan jaringan dekat hubungan timbal
balik antara dua keluarga besar dari pasangan pernikahan. Satu studi terbaru mengklaim bahwa tingkat perceraian adalah 10 persen di Iran. Untuk
Iran bergerak ke Amerika Serikat angka ini 66 persen, menunjukkan bahwa
kekuatan budaya cenderung untuk menjaga pasangan dari memisahkan.Anak dari pernikahan milik ayah. Setelah bercerai, pria menganggap hak asuh anak laki-laki selama tiga tahun dan anak perempuan lebih dari tujuh. Perempuan telah dikenal untuk meninggalkan pembayaran perceraian mereka dengan imbalan hak asuh anak mereka. Tidak ada halangan untuk menikah kembali dengan mitra lain untuk laki-laki atau perempuan.
Seni dan HumanioraDukungan untuk Seni. Peran seni di Iran adalah sangat kompleks. Di satu sisi, Iran memiliki salah satu tradisi artistik terkaya dan paling rumit di dunia. Di sisi lain, para pemimpin Islam tidak menyetujui berbagai bentuk ekspresi seni. Di bawah rezim Pahlevi, terutama di bawah perlindungan dari permaisuri, Farah Diba, seni yang sangat didukung dan dipromosikan. Di bawah Republik Islam dukungan ini terus, tetapi dengan cocok banyak, mulai, dan peringatan. Sensor
moral telah menyerang hampir setiap bentuk ekspresi artistik, tetapi
Iran inventif entah bagaimana mengelola untuk menghasilkan seni yang
mengagumkan meskipun pembatasan ini.Dua
larangan Islam mempengaruhi seni dengan cara yang paling langsung:
larangan terhadap musik, dan satu terhadap penggambaran manusia dan
hewan dalam seni. Nabi
Muhammad tidak menyetujui musik karena bertindak untuk mengangkut
pendengar yang lain hal mental, mengganggu mereka dari perhatian dunia
diciptakan oleh Allah. Penggambaran
manusia dan hewan tidak disetujui pada dua alasan: pertama, karena bisa
diartikan sebagai penyembahan berhala, dan kedua, karena bisa dilihat
sebagai upaya untuk menciptakan alternatif semesta itu diciptakan oleh
Allah. Selain itu, Muslim awal dianggap puisi menjadi tersangka, karena ia berpikir bahwa mereka diilhami oleh jin. Untuk alasan ini Qur'an, tentu salah satu karya yang paling puitis yang pernah dibuat, secara eksplisit tidak puisi. Nyanyian Quran adalah juga bukan musik. Selama berabad-abad Iran telah mengambil larangan ini agak ringan.Sastra.
Penyair Iran telah menulis beberapa puisi, yang paling indah yang bergerak dalam sejarah umat manusia. Para
penyair besar Firdawsi, Hafez, Sa'adī, dan Jalal ad-D n ar-R m dan
sejumlah orang lain merupakan bagian intim dari kehidupan setiap Iran. Penyair
modern menulis non-metrik gaya sama-sama dihormati, dan bangsa telah
mengembangkan Coterie terkemuka novelis, eseis, dan eksponen sastra
belles, baik pria dan wanita.
LukisanLukisan miniatur Persia yang menggambarkan epos Iran dan cerita klasik antara harta di dunia seni. Ini miniatur digambarkan manusia dan hewan. Tradisi lain, lebih religius disetujui, adalah pengembangan seni kaligrafi. Ini adalah seni Iran sangat berkembang, karena seluruh Timur Tengah. Iran memiliki gaya sendiri kaligrafi Arab, bagaimanapun, dan telah mengembangkan seniman modern yang secara kata-kata umum menjadi seni figuratif keindahan besar. Pelukis Iran modern seringkali menggunakan tema klasik dari miniatur dikombinasikan dengan kaligrafi untuk efek unik Persia. Desain geometris juga disetujui, dan dilihat secara detail arsitektur dan desain karpet.Tidak ada diskusi seni Persia akan lengkap tanpa menyebutkan pembuatan karpet. Karpet adalah barang ekspor yang paling penting Iran setelah minyak, dan penciptaan mereka adalah seni urutan tertinggi. Karpet rajutan tangan. Yang terbaik waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan dan memiliki ratusan knot per inci persegi. Desain yang diambil dari saham tradisional motif, tetapi terus diuraikan oleh penenun. Setiap wilayah Iran memiliki desain sendiri tradisional. Karpet tidak hanya karya seni yang indah, mereka adalah investasi. Karpet tua yang bernilai lebih dari karpet baru. Setiap keluarga Iran akan mencoba untuk memiliki satu, dengan pengetahuan aman bahwa jika mereka berhati-hati dalam pembelian mereka akan selalu meningkatkan nilai.Juga penting adalah berabad-abad tradisi pencetakan perak, kayu-blok, enamel ware, kerja tatahan, dan pembuatan perhiasan kerawang. Seni ini telah dihidupkan kembali selama era Pahlevi di disponsori pemerintah lokakarya dan program pelatihan. Dukungan ini terus setelah Revolusi, dan memiliki contoh yang sangat baik dari produk-produk artistik telah menjadi ciri khas rasa yang baik di rumah Iran.Kesenian
Persia musik klasik adalah salah satu bentuk seni yang paling rumit dan inspiratif yang pernah dibuat. Sistem musik terdiri dari dua belas unit modal disebut dastgah. Ini
dibagi menjadi unit-unit kecil yang disebut melodi gusheh, yang
sebagian besar berhubungan dengan teks-teks puitis klasik Persia. Sebuah kinerja penuh musik klasik terdiri dari bolak bagian arhythmic dan berirama dari dastgah tunggal. Para instrumentalis dan seniman vokal berimprovisasi dalam struktur modal, menciptakan kinerja yang unik. Instrumen
tradisional termasuk tar,: kecapi seperti instrumen dengan sesuatu
tubuh berbentuk seperti angka delapan, Setar, sebuah kecapi yang lebih
kecil dengan tiga senar dan tubuh kecil bundar; nei, sebuah seruling
vertikal, sedangkan kemanche, vertikal kecil biola
dengan leher panjang dan tubuh yang kecil, qanun, sebuah biola, lebih
besar vertikal yang lebih luas; Santur, sebuah Dulcimer palu, yang
dombak, drum berkepala dua; dan daf, sebuah tamborin besar. Bentuk-bentuk
musik populer sebagian besar berdasarkan pada struktur lebih merdu dari
musik klasik, dan sangat tidak disetujui oleh otoritas keagamaan. Banyak musisi Iran populer sekarang tinggal di luar negeri, di manaPipa dan tangki penyimpanan di pabrik pencairan gas di Bandar Mah Shar.Pipa dan tangki penyimpanan di pabrik pencairan gas di Bandar Mah Shar.mereka merekam dan mengekspor musik mereka kembali ke Iran. Perempuan tidak diizinkan untuk melakukan musik di depan umum di bawah pemerintahan saat ini.Iran memiliki dua bentuk yang unik dramatis tradisional. Yang pertama, ta'zieh, adalah sebuah kontes yang rumit menggambarkan kematian Imam Hassain. Dalam bentuk penuh, itu berlangsung sepuluh hari selama bulan Muharram, dan melibatkan ratusan artis dan hewan. Bentuk dramatis lainnya kurang tinggi, tetapi juga unik. Ini
adalah bentuk improvisatory komik dikenal umum sebagai ru-howzi teater,
karena itu biasanya dilakukan pada platform ditempatkan di atas kolam
(howz) di halaman. Ru-howzi teater dilakukan oleh rombongan keliling di pesta pernikahan dan perayaan lainnya, dan sangat dihargai. Ini telah mengalami kebangkitan sejak Revolusi. Drama
modern Barat memasuki Iran di akhir abad kesembilan belas dan menarik
sejumlah denda dramawan yang karya-karyanya secara teratur dilakukan di
teater hidup dan di televisi.Film
Iran telah menangkap kepentingan dari seluruh dunia dalam beberapa
tahun terakhir, memenangkan penghargaan internasional utama. Industri
film Iran adalah dekade, namun pada tahun 1970 itu mulai berkembang
sebagai bentuk seni yang serius di bawah sponsor dari Radio dan Televisi
Nasional Iran. Pembuat film muda tetap di Iran setelah Revolusi untuk menciptakan karya seni film, meskipun pembatasan sensor. Ini
agak membingungkan bagi para pejabat agama republik Islam, karena
pejabat yang paling konservatif mengecam kehadiran film sebagai tidak
bermoral sebelum Revolusi. Sekarang
mereka menyadari bahwa para pembuat film Iran Iran memberikan gambar,
progresif positif, dan mereka enggan memberikan dukungan mereka untuk
industri.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !