Headlines News :
Home » , » ALGORITMA dan FLOWCHART

ALGORITMA dan FLOWCHART

Written By Emi Audiasari on Senin, 15 Oktober 2012 | 19.40

ALGORITMA


Algoritma adalah susunan urutan langkah-langkah dari suatu penyelesaian masalah yang ditulis secara jelas, logis, dan sistematis. Logisnya suatu langkah merupakan salah satu persyaratan dalam pembuatan algoritma. Langkah-langkah yang dibuat harus dapat ditentukan nilai kebenarannya. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh algoritma yang dapat kita temui. Mislanya dalam resep masakan, langkah pemasangan atau perakitan suatu mesin, langkah membuat facebook dan sebagainya. Jika langkah-langkah yang dituliskan tidak benar dan tidak logis maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang di inginkan. Dalam algoritma harus ada input dan proses sehngga akan menghasilkan suatu output. Mislanya dalam algoritma membuat segelas kopi, maka inputnya adalah gula, air panas, kopi, gelas, dan sendok. Sedangkan prosesnya adalah memasukkan gula,kopi dan air krdalam gelas lalu di aduk. Maka akan menghasilkan input berupa segelas kopi siap diminum. Output disini bukan berate sebuah benda saja tetapi benda yang siap digunakan.

Dalam informatika algoritma sangat diperlukan dalam pemrograman. Langkah-langkah pembuatan program sangat diperlukan. Agar program yang dibuat bias sesuai dengan yang diinginkan dan agar mempermudah perbaikan jika terdapat kesalahan. Dalam informatika terdapat input, processor (pemroses) dan output. Processor melakukan pemrosesan dengan cara mengeksekusinya. Algoritma harus mengerti setiap langkah dalam algoritma dan mengerti dengan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut. Computer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh computer suatu algoritma harus dinyatakan terlebih dahulu menggunakan notasi pemrogrman sehingga disebut program. Jadi program adalah salah satu bentuk dari teknis algoritma yang di tulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh computer.

Contoh algoritma :
Menentukan bilangan genap dan ganjil.
1.       Pilih sembarang angka
2.       Bagi 2 angka tersebut.
3.       Hitung sisa bagi.
4.       Jika sisa bagi 0, maka bilangan genap
5.       Jika sisa bagi bukan 0, maka bilangan ganjil.
6.       Bilangan genap dan bilangan ganjil.

maka:
-Input : angka sembarang
-Proses : bagi 2, hitung hasil bagi
-Output : bilangan ganjil dan genap






FLOWCHART


Flowchart adalah suatu grafik dari langkah-langkah atau algoritma yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu masalah melalui symbol-simbol yang mempresentasikan kegiatan-kegiatan tertentu. Flowchart diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input dan diakhiri dengan penampilan output. Dalam informatika yang beperan sebagai input adalah manusia melalui keyboard dan mouse, kemudian dip roses menggunakan CPU dan output akan ditampilkan melalui monitor, printer ataupun speaker.

Ada beberapa tujuan dar flowchart yakni :
-          Memperesentasikan algoritma
-          Memahami alur pemrograman
-          Menetukan komponen program
-          Sebagai antisipasi agar tidak ada komponan program yang tertinggal.
  

Berikut merupakan aturan dalam pembuatan flowchart:
1.       Symbol terminator
Untuk menandai awal dan akhir dari suatu flowchart. Jadi pada suatu flowchart pasti ada terdapat sepasang symbol terminator.


 




2.       Symbol input
Berfungsi sebagai tempat menuliskan proses penerimaan input secara satu persatu ataupun sekaligus. Tetapi biasanya input dituliskan dalam suatu kotak sekaligus dengan tujuan efisiensi ruang gambar.


 



3.       Symbol proses
Sebagai tempat penulisan pemrosesan input, ditulis satu persatu atau dapat juga sekaligus.


 






4.       Symbol output
Sebagai tempat menulis hasil atau output. Penulisannya boleh satu persatu ayaupun sekaligus.



 




5.       Symbol percabangan
Untuk melambangkan suatu percabangan yaitu jika muncul suatu kondisi. Symbol ini harus ditulis satu persatu untuk memenuhi kemungkinan Ya atau Tidak.



 




6.       Symbol prosedur
Berperan sebagai suatu blog pembangun dalam suatu program. Prosedur memilki suatu flowchart yang berdiri sendiri diluar flowchart program. Penulisannya dg nama prosedurnya saja dilakukan secara satu per satu, jadi sama seperti jika kita melakukan pemanggilan suatu prosedur pada program utama (main program).


 





7.       Symbol alur garis atau flowline
Alur garis ini berfungsi untuk menghubungkan setiap langkah dalam flowchart sera untuk menntukan alur atau arah diagram. Pada symbol percabangan setiap alur garis yang keluar dapat diberi label.




8.       Symbol konektor
Dapat digunakan saat halaman gambar yang kita guanakan tidak muat.
a.       On page conector
Digunakan untuk menghubungkan suatu langkah dengan langkah yang lain dalam satu halaman.




b.      Off page conector
Digunakan untuk menghubungkan suatu langkah dengan langkah yang lain di halaman yang berbeda.




9.       Symbol komentar
Digunakan untuk menuliskan komentar atau keterangan yang dirasa penting mengenai program tersebut. Dapat dituliskan sebanyak mungkin dengan tujuan memperjelas langkah-langkah dalam flowchart tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Webs Stats

 
Support : Pendidikan Untuk Negeri Kita | Netter Kingdom | Netter Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Foretime - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website