ALGORITMA
Algoritma adalah susunan urutan langkah-langkah dari suatu
penyelesaian masalah yang ditulis secara jelas, logis, dan sistematis. Logisnya
suatu langkah merupakan salah satu persyaratan dalam pembuatan algoritma.
Langkah-langkah yang dibuat harus dapat ditentukan nilai kebenarannya. Dalam
kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh algoritma yang dapat kita temui.
Mislanya dalam resep masakan, langkah pemasangan atau perakitan suatu mesin,
langkah membuat facebook dan sebagainya. Jika langkah-langkah yang dituliskan
tidak benar dan tidak logis maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang di
inginkan. Dalam algoritma harus ada input dan proses sehngga akan menghasilkan
suatu output. Mislanya dalam algoritma membuat segelas kopi, maka inputnya adalah
gula, air panas, kopi, gelas, dan sendok. Sedangkan prosesnya adalah memasukkan
gula,kopi dan air krdalam gelas lalu di aduk. Maka akan menghasilkan input
berupa segelas kopi siap diminum. Output disini bukan berate sebuah benda saja
tetapi benda yang siap digunakan.
Dalam informatika algoritma sangat diperlukan dalam
pemrograman. Langkah-langkah pembuatan program sangat diperlukan. Agar program
yang dibuat bias sesuai dengan yang diinginkan dan agar mempermudah perbaikan
jika terdapat kesalahan. Dalam informatika terdapat input, processor (pemroses)
dan output. Processor melakukan pemrosesan dengan cara mengeksekusinya.
Algoritma harus mengerti setiap langkah dalam algoritma dan mengerti dengan
operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut. Computer hanyalah salah satu
pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh computer suatu algoritma harus
dinyatakan terlebih dahulu menggunakan notasi pemrogrman sehingga disebut
program. Jadi program adalah salah satu bentuk dari teknis algoritma yang di
tulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh
computer.
Contoh algoritma :
Menentukan bilangan genap dan ganjil.
1.
Pilih sembarang angka
2.
Bagi 2 angka tersebut.
3.
Hitung sisa bagi.
4.
Jika sisa bagi 0, maka bilangan genap
5.
Jika sisa bagi bukan 0, maka bilangan ganjil.
6.
Bilangan genap dan bilangan ganjil.
maka:
-Input : angka sembarang
-Proses : bagi 2, hitung hasil bagi
-Output : bilangan ganjil dan genap
FLOWCHART
Flowchart adalah suatu grafik dari langkah-langkah atau
algoritma yang harus diikuti dalam menyelesaikan suatu masalah melalui
symbol-simbol yang mempresentasikan kegiatan-kegiatan tertentu. Flowchart
diawali dengan penerimaan input, pemrosesan input dan diakhiri dengan
penampilan output. Dalam informatika yang beperan sebagai input adalah manusia
melalui keyboard dan mouse, kemudian dip roses menggunakan CPU dan output akan
ditampilkan melalui monitor, printer ataupun speaker.
Ada beberapa tujuan dar flowchart yakni :
-
Memperesentasikan algoritma
-
Memahami alur pemrograman
-
Menetukan komponen program
-
Sebagai antisipasi agar tidak ada komponan
program yang tertinggal.
Berikut merupakan
aturan dalam pembuatan flowchart:
1.
Symbol terminator
Untuk menandai awal dan akhir dari suatu
flowchart. Jadi pada suatu flowchart pasti ada terdapat sepasang symbol
terminator.
2.
Symbol input
Berfungsi sebagai tempat menuliskan proses
penerimaan input secara satu persatu ataupun sekaligus. Tetapi biasanya input
dituliskan dalam suatu kotak sekaligus dengan tujuan efisiensi ruang gambar.
3.
Symbol proses
Sebagai tempat penulisan pemrosesan input,
ditulis satu persatu atau dapat juga sekaligus.
4.
Symbol output
Sebagai tempat menulis hasil atau output.
Penulisannya boleh satu persatu ayaupun sekaligus.
5.
Symbol percabangan
Untuk melambangkan suatu percabangan yaitu
jika muncul suatu kondisi. Symbol ini harus ditulis satu persatu untuk memenuhi
kemungkinan Ya atau Tidak.
6.
Symbol prosedur
Berperan sebagai suatu blog pembangun dalam
suatu program. Prosedur memilki suatu flowchart yang berdiri sendiri diluar
flowchart program. Penulisannya dg nama prosedurnya saja dilakukan secara
satu per satu, jadi sama seperti jika kita melakukan pemanggilan suatu prosedur
pada program utama (main program).
7.
Symbol alur garis atau flowline
Alur garis ini berfungsi untuk
menghubungkan setiap langkah dalam flowchart sera untuk menntukan alur atau
arah diagram. Pada symbol percabangan setiap alur garis yang keluar dapat
diberi label.
8.
Symbol konektor
Dapat digunakan saat halaman gambar yang
kita guanakan tidak muat.
a.
On page conector
Digunakan untuk menghubungkan suatu
langkah dengan langkah yang lain dalam satu halaman.
b.
Off page conector
9.
Symbol komentar
Digunakan untuk menuliskan komentar atau
keterangan yang dirasa penting mengenai program tersebut. Dapat dituliskan
sebanyak mungkin dengan tujuan memperjelas langkah-langkah dalam flowchart
tersebut.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !